Jumat, 20 Mei 2011

Bicara Dengan Hati



Dalam setiap kehidupan manusia, pastilah masalah dan pertikaian tak akan lepas dari hidupnya. Ketika pertikaian muncul, pasti akan ada api amarah yang muncul di dalam diri kita. tidak perlu jauh-jauh mencari contoh, saya sendiripun tak pernah lepas dari amarah karena memang saya akui, saya memiliki temprament yang buruk. mulai dari masalah serius, hingga pertikaian karena hal kecil pun dapat memicu api amarah dalam diri saya. hal ini terutama banyak terjadi di antara sepasang kekasih, khususnya anak muda atau remaja yang notabene memang masih labil. tak jarang, pertikaian tersebut berakhir dengan perpisahan, miris. tapi hal buruk seperti perpisahan dapat dihindari bila kita tau cara mengatasinya.

Pertikaian biasanya terjadi karena salah paham atau perbedaan pendapat. adu mulut tak kan bisa diselesaikan dengan mulut, tapi harus dengan hati. bicara dari hati ke hati adalah cara ampuh untuk menyelesaikan pertikaian. ada ungkapan yang mengatakan "Kalau orang bicara dari hati, akan kena ke hati !" ungkapan tersebut memang tidak salah. hati merupakan senjata yang tepat untuk menyelesaikan segala masalah dan memadamkan api amarah. bagi yang kesulitan untuk melakukannya, saya ada sedikit tips untuk kalian :

1. Tarik nafas panjang menarik nafas panjang dan mengatur nafas dapat meredam amarah dalam diri kita, membuat kita dapat kembali berpikir positif.
2. Jadilah si dia berpikirlah dengan sudut pandang si dia, maka anda akan dapat menemukan kesalahan anda dan mengerti kenapa si dia marah kepada kita dan apa penyebab terjadinya pertikaian tersebut.
3. Introspeksi diri hampir sama dengan no 2. intinya singkirkan egoisme dan ingat lagi apa kesalahan kita.
4. Ingat-ingat kebaikan dia ingat kembali kebaikan-kebaikan apa yang telah dia lakukan pada kita. pikirkan lagi, pantaskah kita marah dan mencaci dia yang telah egitu baik pada kita?
5. Minta maaf terlebih dahulu mulailah minta maaf sebelum dia mendahului kita untuk minta maaf. tapi ingat, minta maaf dengan ikhlas dan jangan ajak dia membicarakan pertikaian itu lagi.
6. Ambil hikmahnya setiap masalah pasti ada hikmahnya, belajarlah untuk mengambil hikmah dari setiap masalah dan musibah, niscaya kita akan menjadi orang yang kuat dan senantiasa bersyukur. tak akan terpuruk pada suatu masalah dan mudah untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

hati memang merupakan media yang pas untuk menyelesaikan masalah. mulailah belajar untuk berbicara, melihat, mendengar, dan merasakan menggunakan hati, niscaya kita akan menjadi orang yang terbebas dari segala masalah karena sebenarnya masalah muncul dari pikiran kita yang menganggap suatu kejadian tersebut sebagai suatu masalah/musibah. saya telah membuktikan hasil dari tips di atas, semoga tips di atas juga berhasil untuk kalian. bukan hanya masalah antara sepasang kekasih, perang antar suku, antar negara, demo anarkis, semua bisa diselesaikan dengan tips di atas. asalkan kita mampu bicara dengan hati, tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar