Jumat, 20 Mei 2011

Superman


Siapa yang tak kenal superman? hampir semua orang dari segala pasti tahu siapa itu superman. salah satu tokoh super hero DC ciptaan Jerry Siegel yang satu ini memang popularitasnya tak perlu diragukan lagi. namun kali ini saya tidak akan mengajak anda untuk membicarakan si manusia baja tersebut. melainkan saya ingin membahas para superman yang tersebar di berbagai wilayah di negeri tercinta ini. para superman yang mendiami negeri tercinta kita, Indonesia bukanlah sesosok pemuda tampan bertubuh tegap dengan kostum ketat bersayap dengan CD di luar. melainkan sosok yang sederhana, tegar,kuat, hidup seadanya, dan terkadang beberapa dari kita menyebut mereka "hina". namun di mata saya, sosok seperti itu adalah sosok manusia super yang kuat dan mampu memberi inspirasi bagi kita.

Mungkin kalian sedari tadi bertanya-tanya, kenapa saya menyebut sosok seperti itu sebagai seorang superman. semua tak lain dan tak bukan adalah karena mereka memang merupakan sosok yang super, kuat, tangguh. mampu menghadapi cobaan yang diberikan Tuhan yang bahkan lebih berat dari cobaan yang diberikan pada kita. Ingat kembali kapan terakhir kali kalian mengeluh atas cobaan hidup yang kalian terima, minggu lalu? 3 hari yang lalu? kemarin? tadi pagi? atau mungkin sekarang kalian tengah membaca artikel ini sambil mengeluh meratapi cobaan hidup kalian yang "kalian pikir" berat?

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja melihat tayangan televisi yang menayangkan tentang para "superman" yang tegar menghadapi cobaan hidup. mulai dari seorang kakek tua tukang becak yang hanya memiliki 1 kaki, pencari kepiting "single parent" yang harus terjaga siang dan malam untuk menghidupi anak-anaknya yang masih kecil, para pelajar yang harus menempuh rintangan demi terus sekolah untuk memperbaiki ekonomi keluarga (meskipun hanya mampu menyeesaikan pendidikan hingga tingkat SMA, SMP, bahkan hanya mengenyam bangku pendidikan 6 tahun, bukan karena malas atau bodoh, namun karena kemiskinan). miris memang melihat kenyataan hidup mereka, namun hebatnya mereka masih bisa berdiri, masih sanggup melangkah meski harus tertatih-tatih. mereka memang jauh lebih kuat dari kita. kita mungkin tak akan sanggup untuk bertahan hidup di tengah cobaan sebesar mereka, karena cobaan kecil saja mampu membuat kita jatuh dan mengeluh. namun mereka mampu terus bertahan hidup dan masih ingat untuk bersyukur untuk rezeki yang tak seberapa bagi kita. hebatnya lagi bahwa mereka bertahan hidup bukan untuk diri mereka sendiri, melainkan demi orang lain, demi keluarga, demi anak cucu, demi pengorbanan terhadap negara.

Namun perjuangan hidup mereka tetap tak mampu mengubah kualitas hidup mereka. karena masih ditambah lagi dengan perbuatan kita yang turut menyumbangkan kesulitan bagi hidup mereka. korupsi, tidak membayar pajak, perusakan fasilitas umum, memakai BBM bersubsidi bagi yang mampu, kecurangan dalam perdagangan, tak rela mengeluarkan uang untuk sedekah, dan lain sebagainya. atas dasar itu saya terus berjuang untuk menjadi kuat seperti mereka agar kelak dapat membantu mereka. bukan dengan menjadi penguasa yang duduk di atas mereka, namun sebagai abdi yang melayani mereka. kita semua bisa melakukannya dengan niat, kemauan yang keras, dan usaha. tidak harus menjadi relawan sosial, tapi bisa dengan banyak cara. bayar pajak dan mengawasi pemakaiannya, mendirikan lapangan pekerjaan, mengajarkan ketrampilan untuk menghasilkan, bersedekah dan mengeluarkan zakat, dan masih banyak lagi.

Intinya kita semua bisa menjadi superman, diawali dengan mengubah diri sendiri lalu mengajak orang-orang di sekitar kita. berhentilah terpaku pada mimpi, mulailah melihat ke bawah, hapus keluhan, bersyukur, peduli sesama, berpikir positif, tinggalkan ego, dan realisasikan dengan tindakan. WE CAN BE A SUPERMAN AND CHANGE THE WORLD TOGETHER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar