Jumat, 20 Mei 2011

Hening Cipta

Bagi para pelajar, kata "hening cipta" mungkin sudah tak asing lagi di telinga mereka. ya, hening cipta memang hal yang slalu dilakukan ketika upacara bendera, baik upacara tiap hari senin maupun upacara-upacara untuk memperingati hari besar nasional. tapi untuk apa sih sebenarnya hening cipta itu? banyak pelajar dan remaja yang tidak tau makna hening cipta. ada yang sekedar tundukkan kepala, ada yang sambil ngobrol, ada yang sambil tidur, ada pula yang bingung.


Hening cipta slalu diadakan di setiap upacara bendera baik itu di kalangan sekolah, militer, umum, maupun di kalangan istana negara. hening cipta memiliki tujuan untuk mendoakan arwah para pahlawan, mengenang jasa-jasanya, dan mengobarkan jiwa nasionalisme kita dengan mengingat kembali para pahlawan kita. mungkin beberapa ada yang sudah paham dan menjalankannya, ada pula yang paham namun tidak mau tau, sisanya sebagian besar tidak paham dan tak megerti fungsi dan tujuan megheningkan cipta,

Bagi yang belum paham dan yang selama ini tidak peduli dengan tujuan hening cipta, marilah mulai sekarang coba untuk meresapi dan merasakan nikmatnya melakukan hening cipta dengan hikmat sambil memanjatkan doa untuk arwah para pahlawan kita. hal sederhana itu bila dilakukan berkali-kali akan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme yang akan semakin mempererat persatuan bangsa. bayangkan bila seluruh bangsa Indonesia di masa kini hidup dengan semangat nasionalisme yang tinggi seperti masa penjajahan dulu. tak akan ada kerusuhan di Indonesia, tak ada tindakan anarkis, perusakan fasilitas umum, pelanggaran hukum, perang antar suku, demo anarkis, dan sebagainya. Indonesia akan lebih mudah untuk maju dan berkembang. mengalahkan negara tetangga kita Malaysia, Singapura, bahkan Australia karena semua rakyatnya bersatu dan bekerjasama dalam proses pembangunan negara.

Itu hanya sebagian kecil dari arti hening cipta, karena bagi saya hening cipta tidaklah sesederhana itu. hening cipta tak hanya sekedar dilakukan pada saat upacara bendera, melainkan di segala suasana. dengan hening cipta dan menundukkan kepala, kita dapat melihat orang-orang yang berada di bawah kita, yang jauh lebih susah dari kita. dengan melihat ke bawah, kita dapat lebih mudah bersyukur atas apa yang kita dapat, lebih mudah untuk intospeksi diri, memupuk rasa kepedulian terhadap yang di bawah, membuat hidup menjadi lebih indah.

Tak seperti orang yang hidup sambil terus melihat ke atas, membuat kita slalu merasa kurang, lupa atas apa yang kita terima, lupa caranya bersyukur. terus melihat ke atas haya akan menimbukan mimpi-mimpi semu, merendahkan diri kita, menumbuhkan sikap pesimis.

Coba rasakan, resapi, dan nikmati betapa nikmatnya mengheningkan cipta, betapa indahnya manfaat yang kita dapat dari hening cipta. saya yakin masih banyak lagi manfaat hening cipta yang belum saya ketahui, barangkali ketika anda mengheningkan cipta, anda dapat merasakan manfaat yang lain. silakan tuliskan manfaat yang anda dapat lewat komen di bawah, mari saling berbagi manfaat dan mengajak lebih banyak lagi orang-orang di sekitar kita untuk bersama-sama mengheningkan cipta, HENING CIPTA MULAI !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar